IAIN Ambon Gelar Workshop Pemanfaatan Aplikasi SI-EKA

Guna meminimalisir pemanfaatan aplikasi jaringan online di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, maka Bagian Akademik, Kepegawain dan Hukum mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SI-EKA) Kementerian Agama RI. Sosialisasi yang digelar di Ruang Senat Lt II Gedung Rektorat, diikuti seluruh pegawai, para dosen, dan seluruh pimpinan di lingkup IAIN Ambon, Jumat (12/10/2018). Kegiatan ini menghadirkan pembicara langsung dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI, Muhammad Fitri.

Wakil Rektor I IAIN Ambon, Dr. Mohdar Yanlua, MH, saat membuka acara ini menjelaskan, aplikasi SI-EKA memungkin setiap ASN untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara jujur. Hadirnya SI-EKA juga untuk mengontrol setiap ASN agar tidak hanya ke kampus untuk mengisi absen kehadiran, tapi harus benar-benar melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya atau dalam bahasa ASN Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Di mana, semua pegawai mulai dari atasan hingga bawahan, wajib menginput sasaran kerjanya pada setiap hari kerja. Apa saja yang ditargetkan untuk dikerjakan harus diinput ke dalam aplikasi.
Sebab itu, ia berharap agar seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini benar-benar fokus menyimak materi yang disampaikan fasilitator, sehingga hasilnya dapat diaplikasikan ke dalam aktifitas kerjanya. Sebab, setelah ini tidak lagi diwakilkan, tapi semua pegawai wajib untuk menginput program kerjanya dalam setahun. Apa saja yang sudah dikerjakan, harus diinput semua. Sebab, kalau tidak diinput maka akan diberikan sanksi berupa pemotongan tunjangan kerja (Tukin).

Menurut Mohdar, seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SI-EKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Pasalnya, semua yang dikerjakan oleh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SI-EKA dan dikontrol langsung oleh atasannya. “Tujuan penerapan aplikasi SI-EKA sebagai perangkat dalam mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja pegawai di IAIN Ambon," tukas Mohdar.
Sosialisasi SI-EKA dilakukan untuk memberikan penguatan agar seluruh pegawai, dosen maupun pimpinan dapat memanfaatkan dan menggunakan aplikasi tersebut dengan baik dan benar.
Fasilitator Muhammad Fitri, dalam penjelasannya mengakui, keberadaan SI-EKA ini wajib diisi oleh seluruh ASN. Untuk ASN pimpinan, selain bertanggungjawab mengisi program kerjanya, ia juga harus mengevaluasi program kerja bawahannya yang sudah diinput. Kata dia, untuk saat ini aplikasi SI-EKA masih dalam tahapan sosialisasi atau pengenalan. "Ke depan kita akan mulai pelan-pelan menerapkannya. Aplikasi SI-EKA dibuat untuk mempermudah atasan melihat apa yang kita kerjakan selama seharian di kantor. Lewat aplikasi ini dapat langsung dipantau dan dievaluasi." Untuk menggunakan aplikasi tersebut, jelas Fitri, terlebih dahulu masuk ke laman website sieka.kemenag.go.id. Berikutnya menginput username dan mengisi password dengan Nomor Induk Pegawai (NIP). Awalnya, jelas dia, harus melengkapi data profil si ASN dan selanjutnya dapat memulai untuk mengisi data lainnya terutama kegiatan pekerjaan atau tupoksi masing-masing ASN. (***)

Dilihat: 298